Buku DSS - AHP Thomas L Saaty

Jumat, 12 September 2008

Thomas L. Saaty, siapa ni?
Sebenarnya beliau adalah professor matematika University of Pittsburgh kelahiran Irak.
Salah satu hal terkenal darinya adalah penemuan Metode Analytic Hierarchy Process (AHP) , yaitu salah satu metode pengambilan keputusan multikriteria.
Beliau juga banyak menulis buku tentang riset operasi, matematika dan pengambilan keputusan .
Thomas L Saaty menulis beberapa buku untuk Sistem Pendukung Keputusan khususnya Metode AHP. Diantaranya sebagai berikut :

Theory and Applications of the Analytic Network Process: Decision Making with Benefits, Opportunities, Costs, and Risks
Thomas L. Saaty, 352 pp. , RWS Publications, 2005. ISBN 1-888603-06-2.

The Encyclicon; a Dictionary of Applications of Decision Making with Dependence and Feedback based on the Analytic Network Process
Thomas L. Saaty and Müjgan Özdemir, paperback, 292 pp., RWS Publications, 2005. ISBN 1-888603-05-4.

The Analytic Network Process: Decision Making with Dependence and Feedback
Thomas L. Saaty, 386 pp., RWS Publ., 2001. ISBN 0-9620317-9-8

NEW! Creative Thinking, Problem Solving & Decision Making
T.L. Saaty, 267 pp., RWS Publ., 2005 (new ed.). ISBN-1-888603-03-8

The Brain: Unraveling the Mystery of How it Works, The Neural Network Process
Thomas L. Saaty, 481 pp., RWS Publ., 1999. ISBN 1-888603-02-X.

Decision Making for Leaders Vol. II of the AHP Series
Thomas L. Saaty, 315 pp., RWS Publ., 2001 (new ed.). ISBN 0-9620317-8-X

The Logic of Priorities
Thomas L. Saaty and Luis G. Vargas Vol. III, AHP Series, , 299 pp.

Analytic Planning: The Organization of Systems
Thomas L. Saaty & Kevin P. Kearns Vol. IV, AHP Series, , 208 pp.

The Hierarchon: A Dictionary of Hierarchies
Thomas L. Saaty & Ernest H. Forman, Vol. V, AHP Series, , 496 pp., RWS Publ., 1992. ISBN 0-962-0317-5-5.

The Fundamentals of Decision Making and Priority Theory with the Analytic Hierarchy Process
Thomas L. Saaty Vol. VI of the AHP Series, , 478 pp., RWS Publ., 2000 (revised). ISBN 0-9620317-6-3.

Saya kebetulan mengkopi salah satu buku sewaktu buat skripsi DSS (Decision Support System), makasi ya , pak Saaty. Tanpa anda saya mungkin belum lulus, hehe.
Keadaan bukunya biasa aja, masih bisa dibaca ..
Saya nggak tau harus diapain. Dijual ke loak sayang, dijual online gak laku.
Jadinya dipajang saja, biar kelihatan keren...
5 komentar
Apa itu Google Dance ?






















Google Dance ...
Salah satu fenomena menarik di rimba internet khususnya di search engine google.
Dewa Google yang kita sembah-sembah punya fenomena menarik salah satunya Google Dance..
Apa sih Google Dance ??
Google mengirimkan robot /spider untuk melakukan crawling terhadap website dan melakukan pengarsipan terhadap setiap website yang ditemukan.
Website yang sudah diarsip akan ditampikan pada upadate index (database) google berikutnya
Proses update dilakukan setiap 30 hari atau kadang-kadang lebih ..
Google memiliki 3 jenis online server www yaitu :

* www.google.com - Alamat utama/homepage google.
* www2.google.com
* www3.google.com

www2 & www3 servers sering diasumsikan oleh kebanyakan orang sebagai testing server (walaupun kenyataannya tak seorang pun tahu - di luar orang dalam Google)
Selama update, 3 server memmberikan hasil dan data yang berbeda.
Karena hasil yang berbeda dari tiap server (seperti menari), maka ini dikenal dengan nama "Google Dance".
Selama "menari", hasil servers www2 & www3 memberikan hasil yang lumayan mirip.
Dengan efek menari ini, kemungkinan posisi situs kita di search engine google melorot tajam atau bahkan hilang sama sekali . Waduh..
Berapa lama situs kita akan terpengaruh oleh Google Dance? Tidak tentu. Bisa dalam hitungan hari, minggu, maupun bulan. Yang jelas, pastikan saja proses update tetap dilakukan dan kita tidak melakukan perubahan layout secara signifikan (Kata Cosa Aranda) .
Mau melihat dan mencoba fenomena ini? salah satu situs (SEO CHAT) yang kini jadi mitra resmi Google , menyediakan tools untuk melihat fenomena ini (http://www.seochat.com/googledance/) .
Selamat menjadi pengamat...

0 komentar
Setting Moodle untuk LAN

Moodle, merupakan salah satu solusi E-Learning yang bersifat free dan open source .
Moodle adalah software e-Learning berbasis web yang cukup populer. Moodle telah dipakai 1.023.914 kelas online dan 25.281 situs di berbagai negara (s/d 13 Mei 2007)
Moodle ditujukan untuk Lembaga, pengajar (guru/dosen), instruktur/tentor, siswa/mahasiswa dan siapapun yang tertarik dengan e-learning.
Dengan moodle, pengajar bisa membuat materi pelajaran online dengan berbagai jenis interaktivitas layaknya ruang kelas nyata
Moodle menyajikan berbagai fitur mulai dari penyajian materi, kuis/ulangan, tugas dan berbagai aktivitas ruang kelas lain.
Sayangnya koneksi internet di Indonesia, secara umum (!!!), belum bisa membuat pengguna moodle cukup nyaman untuk menggunakannya, karena Moodle umumnya agak berat dan terasa lambat.
Alternatifnya, Moodle dikembangkan jaringan lokal miaslnya di lingkungan sekolah/kampus , sendiri sebagai bantuan proses belajar mengajar. Moodle bisa diinstal di sebuah server, misalnya di lab komputer, dan kemudian diakses siswa/mahasiswa di komputer client.
Ulangan/kuis , penugasan bisa dilakukan di jaringan lokal ini.
Demikian juga pemberian materi yang belum sempat diberikan di ruang kelas, bisa disampaikan lewat kelas virtual yang ada di Moodle.
Ketika baru diinstall dan coba diakses dari client,maka otomatis website moodle mengarahkan website ke alamat "localhost"
Untuk bisa diakses di jaringan lokal (LAN), setelah instalasi, ubah file config.php di direktori moodle.
Cari variabel pada kode php berikut :
$CFG->wwwroot = 'http://localhost/Moodle';
Ganti dengan
$CFG->wwwroot = 'http://IP Address/Moodle';
Jadi sekarang akses Moodle bisa dilakukan dengan cara : http://IP Address/Moodle'
0 komentar
Apa itu Performance Point Server 2007 ?

Performance Point Server 2007 ? software apa nie??
Kalau pernah dengar kata Business Intelligent, inilah salah satu software/solusi untuk Business Intelligent yang disediakan oleh Microsoft, dengan beberapa rangkaian produk yang lain misalnya Sharepoint.
Performance Point Server 2007 adalah bagian dari Sistem Produk Microsoft Office 2007 yang diposisikan sebagai Aplikasi Manajemen Performa.
3 proses utama yang dilakukan secara terintegrasi adalah :

1. MONITORING (lewat Performance Point Monitoring )
User bisa memonitor / melihat performa organisasi dan kemudian melakukan tindakan.
Dalam hal ini Performance Point Server 2007 menyediakan Report/ Laporan berbasis metrik Antara Powerpoint, Excel, SQL Server dan Share Point.
Selain itu juga adalah mengintegrasikan Business Scorecard Manager dan Proclarity Dashboard Server .
2. ANALYTICS (lewat Performance Point Analytics)
Fasilitas ini memberik kemudahan untuk memahami data lewat Tool Analisis Advanced dan visualisasi sehingga informasi yang komplek bisa dimengerti lebih cepat.
3. PLANNING (lewat Performance Point Planning)
Semua pengguna bisa berkontibusi secara kontinu untuk terlibat melakukan proses planning, budgeting, and forecasting atau bussiness rule yang lain .

Untuk bisa melakukan instalasi Performance Point Server 2007 ada beberapa requirement yang harus anda penuhi :

* Windows 2003 Server
* SQL Server 2005 SP 2
* IIS 6.0
* Net Framework 2.0
* IE 6.0 atau versi yang lebih baru.
* Windows Installer 3.1

Selain itu, untuk Planning Server anda harus mengupgrade atau mendownload beberapa komponen dari Microsoft SQL Server yang bisa disebut Cumulative update package 3 for SQL Server 2005 SP2 misalnya seperti berikut :

* SQL Server Native Client 9.0 (SP2)
* SQL Server ADOMD.NET 90 (SP2)
* Analysis Management Object 9.0
* MSXML Parser 6.0
* ASP.Net 2.0 AJAX Extensions 1.0

Wah cukup rumit juga ....

Langkah yang cukup detail untuk petunjuk instalasi Performance Point Server 2007 ada di http://www.devx.com/enterprise/Article/37939
Selamat mencoba dan pusing ....

0 komentar:

sma internasional

Sekolah nasional bertaraf internasional

Ada 3 hal pokok yang dijadikan sebagai rencana strategis pendidikan menengah di Indonesia (Renstra Mendiknas 2005-2009), akses sekolah, sekolah berbasis keunggulan lokal dan sekolah nasional bertaraf internasional.

Program yang disebut belakangan menurut saya sangat ambisius dan sudah termakan habis oleh paham privatisasi pendidikan era neo liberalism. Saya melihat kebijakan itu tumpang tindih dan seakan dibuat tanpa analisa mendalam atau dibuat untuk sekedar memperbaiki nama baik di mata dunia, tapi tidak berefek apa-apa kepada kualitas pendidikan anak bangsa kebanyakan, tetapi hanya membuat kelompok elit baru dalam dunia pendidikan. Kebijakan ini sudah dituliskan pula dalam pasal pengelolaan pendidikan di UU Sisdiknas 2003. Sewaktu UU ini akan diberlakukan, protes banyak muncul tentang hal yang berkaitan dengan masalah pendidikan agama, tapi kita gagal mengkritisi masalah lain yang diungkap di dalamnya, termasuk SNBI.

Ketertinggalan pendidikan Indonesia dibandingkan negara-negara lain merupakan momok yang membuat wakil pemerintah tidak bisa berdiri tegak di forum-forum internasional. Oleh karenanya harus ada upaya mengharumkan nama bangsa melalui pendidikan. Dan itu sudah dicapai oleh anak-anak cemerlang yang berhasil meraih 13 medali emas dalam olimpiade sains dan math di tahun 2004. Tahun 2007, pemerintah mentargetkan harus memperoleh 20 medali emas. Suatu prestasi yang membanggakan memang, dan saya mendukung usaha Pak Yohannes Surya untuk menggali potensi anak-anak ini. Perkara mereka kemudian ditawari sekolah ke luar negeri adalah pembahasan yang lain.

Saya membedakan antara Sekolah Internasional (SI) dengan Sekolah Nasional Bertaraf Internasional (SNBI). SI adalah sekolah yang diperuntukkan untuk anak-anak asing yang mengikuti orang tuanya ke Indonesia. Sedangkan SNBI adalah sekolah untuk anak-anak Indonesia yang diselenggarakan dengan kurikulum lokal tapi bertaraf internasional. Maaf, definisinya agak kacau.

Tahun 2004 telah bermunculan sekolah-sekolah swasta yang mengadopsi kurikulum dari Singapura, Australia, Cambridge Univ, bahkan sebuah sekolah di Semarang mengadopsi kurikulum Turki. Seperti biasa karena levelnya international maka bahasa pengantarnya harus bahasa Inggris, dan SPP-nya harus dikalkulasi dengan dolar, rupiah sudah tidak laku di sini ! Guru-gurunya pun didatangkan khusus dari negara asalnya. Supaya tetap dapat diakui keberadaannya di negara RI, tentunya sekolah-sekolah ini harus menggunakan kurikulum nasional. Ya, menurut wakasek sebuah sekolah , mereka memang tetap mengacu kepada kurnas sekedar untuk meloloskan siswa di UAN, tetapi buku-buku, metode pembelajaran semuanya menjiplak dari negara asalnya. Target sekolah ini tentu saja orang tua yang menginginkan anaknya bersekolah ke luar negeri, yg menurut laporan ada sekitar 2500 anak yang ingin bersekolah ke luar negeri setiap tahunnya.

Pertanyaannya adalah apakah pemerintah menelorkan program SNBI sebagai alasan untuk menyaingi swasta untuk mengeruk keuntungan besar dari dunia pendidikan ? Ada pemeo yang mengatakan bahwa jika ingin mendadak kaya maka bangunlah sekolah. Atau pemerintah sebagaimana yg dinyatakan beberapa pejabatnya berupaya untuk mendidik anak-anak supaya mampu berkompetisi di dunia internasional ?

Jika demikian, apakah sekolah-sekolah nasional bermutu yang tersebar di setiap kota/daerah tidak mampu mencetak anak-anak yang mampu bersaing di luar ? SMA 8 Jakarta menunjukkan daftar universitas asing yang melamar siswa-siswa berprestasinya. Lulusan SMA 2 Madiun sebagian demikian pula, sudah dilamar sejak mereka belum lulus.

SNBI diawali dengan membuka kelas-kelas internasional, yang tentu saja dengan biaya masuk yang wah, plus SPP yang bikin kepala orang tua berdenyut-denyut. Tetapi bagi yang beruang lebih, ini bukan masalah, yang penting anak mendapat pendidikan yang bermutu. Dalam hal ini kebanyakan orang tua di Indonesia sudah tergiring (sangat tergiring) kepada opini sekolah mahal=sekolah bermutu. Orang tua harus kembali ke sekolah, mereka harus belajar lagi untuk tidak mudah tergiring.

Kelas-kelas internasional itu sudah memecah belah antara yang kaya dan miskin. Bahwa ada efek psikologis dalam perkembangan anak antara yang belajar di kelas internasional dan kelas reguler, sekalipun diakui oleh kepala sekolah, mereka belajar dengan normal. Ya, anak-anak memang gemar belajar. Anak-anak Indonesia jika guru sudah datang, maka mereka akan duduk tenang mendengar, menyalin semua yang di papan. Mereka akan segera lupa atau malah tidak sempat berfikir apakah mereka kelas reguler atau internasional. Tapi status SNBI diberlakukan di semua jenjang pendidikan, sehingga kemungkinan akan ada SD bertaraf internasional. Saya yakin anak-anak SD lebih peka dengan pengkotak-kotakan ini.

Dengan dalih meningkatkan pamor daerah, pemerintah pusat sebenarnya menekan pemerintah daerah untuk menyisihkan budget daerah untuk pengembangan SNBI. Bukan tidak kecil dana yang dibutuhkan untuk ini, dan uang yang seharusnya bisa dipakai si miskin supaya bisa tetap bersekolah, dipakai untuk membiayai si kaya supaya bisa bersekolah mahal. Jadi mengapa saya katakan program SNBI kontradiksi dengan akses ke sekolah, pun tidak sejalan dengan sekolah berbasis keunggulan lokal.

Sekolah-sekolah internasional sebenarnya merupakan bentuk penjajahan baru negara-negara barat ke negara-negara berkembang. Dengan dalih menyetandarkan dengan mutu internasional, maka kita sudah dijajah dengan keharusan mengambil kurikulum mereka, mengundang guru2 mereka. Kepayahan semakin bertambah bagi guru-guru kita yang masih belum kelar juga disertifikasi.

Daripada menghamburkan dana dengan sekolah yang tidak memihak kepada rakyat banyak, lebih baik budget pendidikan dimanfaatkan untuk perbaikan mutu guru dan mutu pendidikan secara massal. Bukankah keberhasilan pendidikan menurut UNESCO, world bank, atau badan dunia yang lain, dinilai berdasarkan prestasi anak secara massal, bukan keberhasilan satu dua anak.

Jika alasannya untuk mengundang orang asing untuk mengakui sekolah tersebut dan mengirim anaknya bersekolah di situ, maka harus diingat masih banyak anak yang ingin bersekolah di Indonesia tapi tidak bisa karena keterbatasan dana. Jika bahasa Inggris menjadi kunci utama berkompetisi, maka tambahkan saja jam pelajaran baru dan ajarkan siswa supaya fasih berbahasa, bukan saja fasih menjawab soal-soal UAN. Tidak perlu membuka SNBI.

Jangan sampai terjajah lagi ! Orang (=bangsa) yang cerdas tidak akan terjebak untuk yang kedua kalinya.

Tentang Guitar

HOW TO BE A SIGNIFICANT GUITARISt

Sebetulnya, tidak ada tips and tricks mengenai hal ini. Industri musik adalah sama seperti industri lainnya yaitu BISNIS. Banyak sekali musisi yang tidak mengetahui akan hal ini hingga menyebabkan mereka gagal di industri keras ini. Ketika seseorang sudah berniat menjadi gitaris, mereka seolah meninggalkan semua pelajaran yang diajarkan di sekolahnya. Kebanyakan dari mereka sangat fokus ke skill dan melupakan dunia luar dan menjadi anti-sosial. Mengurung diri di kamar dan mengulik lagu selama berjam-jam itu sah saja tetapi biasanya tidak diimbangi dengan social networking sehingga ketika tiba saatnya keluar kamar dan memperlihatkan skill, mereka tidak tahu harus kemana.

Menurut saya, musisi itu harus bisa menjual diri…. ya, sell yourself, itulah yang dibutuhkan di industry ini agar orang notice bahwa anda adalah seorang gitaris berbakat yang bisa bermain sangat cepat. Oh, tetapi apa yang terjadi? Ketika anda sudah berada di luar kamar hasil berjam-jam mengulik lagu, anda mendapati bahwa sangat banyak sekali gitaris seperti anda, bahkan yang lebih cepat dari pada anda. Apa yang akan terjadi kemudian? Anda akan tenggelam diantara sekian banyak gitaris tersebut dan jangan harap bahwa anda akan dikenal dan menonjol karena anda hanya 1 dari sekian banyak gitaris yang bermain tipikal.

Apa yang akan anda lakukan?

Hhmm… mungkin memperbanyak referensi adalah salah satu hal yang bisa dilakukan. Bukalah pikiran anda dengan berbagai macam musik di dunia ini. Cobalah melihat dari sisi musik bukan skill. Nikmati saja musiknya, bukan image-nya, karena sekarang kita banyak sekali mendapati image musik itu lebih berpengaruh dari pada musiknya. Misalnya, anda tidak mau mendengar musik dangdut karena takut dibilang kampungan (maaf, ini hanya contoh saja). Disini, anda adalah korban dari pada kepicikan pikiran anda sendiri. Anda “melihat” musik bukan “mendengar” musik.

Hal berikutnya yang bisa anda lakukan mungkin adalah introspeksi diri sendiri. Cobalah anda berkaca sambil bermain gitar, lalu tanya pada diri sendiri “sebetulnya, style gue nih gimana sih?”. Bisa juga dengan menulis 10 kelebihan dan 10 kekurangan anda dalam bermain gitar. Disini akan terlihat sebetulnya, tipe gitaris seperti apa anda. Apakah anda sebetulnya hebat di tapping? Apakah anda jago sweeping? Apakah anda konstan dalam rhythm?

Dengan melihat kelebihan diri sendiri, anda akan menyadari bahwa anda adalah seseorang dengan beberapa kelebihan dan sebaiknya anda mulai semakin mendalami kelebihan ini dan tidak terlalu memikirkan kekurangan anda. Bahkan apabila mungkin, jadikan kekurangan anda ini sebagai kelebihan. Misalnya, anda ternyata sangat asyik bermain rhythm tetapi lemah dalam bermain lead. Manfaatkan rhythm anda itu menjadi kelebihan dengan memainkan beat dan tempo serta groove, lupakanlah mengisi lead gitar karena anda sucks… ya, anda payah bermain lead, jadi manfaatkanlah kelebihan rhythm anda.

Ingat, anda adalah produk. Suatu produk harus mempunyai USP (Unique Selling Point) untuk bisa mendapat attention diantara sekian banyak produk. USP itu didapatkan dari research. Ketika anda bergaul, anda sudah melakukan research. Anda akan semakin notice kalau anda mempunyai beberapa kelebihan yang tidak dimiliki orang lain di dunia musik ini. So, lakukan research sebanyak mungkin dan akan lihat dimana anda bisa fit-in dan disitulah anda akan dikenal karena anda unik. Anda akan menjadi beda dari gitaris lain dan mempunyai karakter permainan sendiri.

loe tau gak sech...!!

Ini nih. Gw mau cerita. Kalian tahu tidak dengan kabupaten Musi Banyuasin. Kabupaten ini merupakan Kabupaten pertama di Indonesia yang menganggarkan APBD nya untuk pendidikan bagi selruh rakyat Musi BAnyuasin secara gratis. Atau dengan pengertian yang mudah, siapa saja yang bersekolah di KAbupaten ini maka dia tidak akan dikenakan biaya sekolah, buku-buku pelajaran gratis dan banyak lagi yang lain.
Misalnya di SMA N 2 Sekayu. Sekolah yang sedang menuju sekolah bertaraf internasional ini mendapatkan pendanaan dari Pemerintah setempat dengan tersedianya makan siang gratis bagi siswa disekolah. Hmmm... Tentu saja ini sangat enak bukan ? Tapi bukan hanya itu saja, disekolah ini terdapat RADIO Komunitas PERTAMA DI INDONESIA yang dikelola oleh anak-anak SMA. Wuih .... Betapa kerennya bukan ? dan yang paling penting nih, SMA N 2 ini memiliki Internet Cafe sebagai penunjang belajar siswa yang juga terbuka untuk Umum.
Jadi, KAbupaten MUsi Banyuasin yang dipimpin oleh Bupati Alex NOerdin ini merupakan salah satu kabupaten yang patut menjadi contoh. Dan kalian tahu tidak, bahwa minggu kemarin, 13 May 2007 Musi Banyuasin menyatakan berkomitmen tentang Pendidikan Untuk Semua dengan Seting Inklusif. Wah! Wah ! Benar-benar hebat bukan.!

my baby

I very much love my uncle Julio. There are days when he is really demented, but then a couple of days ago he just touched me... I needed his support listening to a radio program about memory in today's cut-throat corporate world, but he interrupted:

"Dude! I love today's cut-throat corporate world so much!"

At first I interrupted "NO KIDDING?!" but just now I just shut up and started grinding my teeth. After all, he *is* my uncle and he kinda loves me...

Link of the day: Beer Troubles | Randomly generated by Flooble Instant Blog Post Generator

Sign by Danasoft - Layouts and Images

I kinda do not care for my sister Tamika. Often she is very unpredicatble, and then a couple of days ago she just fascinated me... I asked for her help thinking about ingratitude in the coming decades, but then she screamed:

"Wow! Don't tell me you're into the coming decades too!"

At first I began yelling "OH MAN!" and then this morning I just suddenly got this dangerous look in my eyes. After all, she *is* my sister and all she cares about is my own good...

Link of the day: Joke Ratings | Randomly generated by Flooble Instant Blog Post Generator

beri komentar